Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Malaysia ‘Menghancurkan’ Ribuan Penambang Bitcoin Ilegal

Malaysia ‘Menghancurkan’ Ribuan Penambang Bitcoin Ilegal  

Pihak berwenang di Malaysia menghancurkan rig penambangan Bitcoin senilai lebih dari $1,2 juta setelah mereka disita karena beroperasi secara ilegal.  

Dalam sebuah video yang diposting hari ini dari outlet berita lokal DayakDaily, polisi di kota Miri di pulau Kalimantan dan perusahaan Sarawak Energy mengatur sebuah mesin giling untuk menjalankan lebih dari 1.069 penambang Bitcoin (BTC). Rig tersebut dilaporkan disita dari penduduk Malaysia yang mencoba menambang cryptocurrency secara ilegal menggunakan listrik curian antara Februari dan April.  

Menurut laporan hari Jumat dari surat kabar Malaysia The Star, pembuangan mesin-mesin pertambangan – senilai sekitar $ 1,26 juta – terjadi di markas polisi distrik Miri hari ini. Pihak berwenang mengatakan tiga rumah di daerah itu telah hancur tahun ini karena penambangan Bitcoin ilegal, sementara perusahaan Sarawak Energy kehilangan sekitar $2 juta dari operasi tersebut.  

Tidak jelas mengapa pihak berwenang di Malaysia langsung menghancurkan para penambang daripada mencoba untuk menuai beberapa nilai dari bagian-bagiannya. Pejabat di Iran, Turki, dan negara-negara lain di mana penambangan dilarang atau dibatasi telah melakukan penggerebekan terhadap operasi penambangan kripto ilegal selama beberapa waktu, seringkali mengakibatkan penangkapan, denda, dan penyitaan rig.  

Namun, hanya sedikit jika ada laporan tentang mesin yang dihancurkan oleh mesin giling atau dihancurkan dengan cara yang begitu teliti. Pihak berwenang China dilaporkan melelang lebih dari 2.000 rig pada bulan Februari yang telah disita karena alasan yang sama.  

Pusat Keuangan Alternatif Cambridge memperkirakan bahwa Malaysia berkontribusi 3,44% terhadap total hashrate bulanan Bitcoin pada April. Negara ini memiliki konsumsi energi tahunan lebih dari 147 terawatt-jam. 

Source:inforexnews.com