Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Teknik Swing Trading Saham

Taktik trading periode pendek yang paling efisien dan banyak didalami sebagian besar trader Saham ialah taktik swing trading. Swing trading ialah taktik beli dan Anda simpan (hold) Saham dengan periode waktu satu minggu sampai sekitaran 1 bulan.

Teknik Swing Trading Saham


Swing trading pas untuk Anda yang ingin simpan saham, dengan periode saat yang tidak begitu singkat, dan tidak begitu lama.

Disamping itu, dengan swing trading Anda dapat raih keuntungan optimal dari peningkatan trend harga Saham dalam periode waktu tertentu. Jika trend Saham naik, hold Saham (tidak keburu jual) ialah keputusan yang baik, karena dari situlah Anda dapat mendapat keuntungan yang optimal saat Saham Anda sedang naik-naiknya.

Tehnik swing trading saham saya ulas taktik2 dan praktek pilih sahamnya di sini: Tutorial Sederhana dan Efisien Pilih Saham Bagus (365 halaman). Anda dapat kerjakan langsung taktik2 sederhana dan efisien untuk swing trading.

Swing trading Saham baik untuk diaplikasikan pada beberapa keadaan pasar Saham berikut ini:

Swing trading saham  (Saham BBNI)


- Saat pasar sedang uptrend
- Pasar alami bullish reversal

Dalam kata lain, jika beberapa saham tidak sedang bergerak di keadaan strong bearish atau lemas, simpan (hold) beberapa saham untuk swing trading bagus diaplikasikan oleh trader. Dalami : Tehnik Trading Saham Mingguan.

Ini sering terjadi pada beberapa saham LQ45, di mana waktu pasar Saham mulai bergerak bullish, bullish reversal dengan trend naik satu minggu lebih, karena itu beberapa saham yang harga telah turun, potongan harga dan mempunyai pola-pola rebound, akan naik ikuti trend IHSG.

Berikut salah satunya skema di mana IHSG alami bullish reversal periode pendek sesudah membuat trend turun yang cukup tajam. Lihat chart berikut ini:

Swing trading Saham (Saham PWON)


Lihat yang saya berikan garis horiontal (dukungan). Disana ialah titik di mana IHSG ketahan di dukungan dan memulai alami rebound, dan mulai ada di trend bullish reversal periode pendek.

Pada saat-saat pasar alami bullish reversal berikut, Anda dapat beli beberapa saham yang baik, telah murah, saham2 likuid untuk Anda hold dalam periode waktu satu minggu lebih. Jadi swing trading Saham ini Anda kerjakan dengan ikuti arah trend pasar Anda jadi seorang TREND FOLLOWER trader.

Banyak Saham yang baik untuk Anda terapkan dalam swing trading, misalkan Anda dapat trading di beberapa saham LQ45 dan beberapa saham lapis dua non-LQ45 yang sinyalnya bagus, harga telah memberikan dukungan untuk trading dan beberapa saham yang trennnya gampang naik dalam kurun waktu seminggu-sebulan.


Swing trading saham (Saham BBNI)


Swing trading Saham (Saham PWON)
Beberapa Saham di atas (saham BBNI dan Saham PWON, yang kerap masuk watchlist kita di halaman Referensi Saham). Dan pada skema chart di atas (pertanda panah), Anda dapat saksikan peningkatan trend Saham periode pendek sepanjang satu minggu lebih saat IHSG alami bullish reversal.

Beberapa saham semacam ini dapat Anda gunakan untuk swing trading, saat analisis teknikal dan momen pasar tepat. Dalami : Tehnik Trading Saham Mingguan.

Kapan jual Saham untuk swing trading?

Swing trading sebetulnya ialah taktik trading periode pendek.. . Maka baiknya, jika saya individu jual Saham saat sasaran take keuntungan telah terjamah. Ke-2 , saya take keuntungan saat beberapa saham yang naik tinggi, dan memulai statis dalam peningkatan trendingnya. Karena itu disanalah saya akan pikirkan untuk take keuntungan.

Ini karena swing trader ialah trader penganut trend, karena itu saat harga Saham mulai susah bergerak naik, pasar mulai revisi kembali, disanalah Anda dapat take keuntungan dan menanti untuk buyback.


Selainnya sebagai media info Saham terbaik di indonesia, kami share artikel mengenai Cryptocurrency yang bisa Anda dapatkan lewat link di bawah ini


Perhatikan yang saya beri garis horiontal (support). Disitu adalah titik di mana IHSG tertahan di support dan mulai mengalami rebound, serta mulai berada di tren bullish reversal jangka pendek. 

Pada masa-masa market mengalami bullish reversal inilah, Anda bisa membeli saham-saham yang bagus, sudah murah, saham2 likuid untuk Anda hold dalam jangka waktu seminggu lebih. Jadi swing trading Saham ini Anda lakukan dengan cara mengikuti arah tren market Anda menjadi seorang TREND FOLLOWER trader. 

Banyak Saham yang bagus untuk Anda aplikasikan dalam swing trading, misalnya Anda bisa trading di saham-saham LQ45 dan saham-saham lapis dua non-LQ45 yang sinyalnya bagus, harganya sudah mendukung untuk trading dan saham-saham yang trennnya mudah naik dalam waktu seminggu-sebulan.